Informasi Harga Laptop Terbaru | Harga Laptop Dell | Harga Laptop Acer | Harga Laptop Asus | Harga Laptop Toshiba

Sunday, June 12, 2016

Tips-Tips Cara Mengatasi Kipas Laptop Berbunyi Bising Dan Penyebabnya

Mengatasi Kipas Laptop Berbunyi Bising -  Kipas didalam laptop kerap menimbulkan masalah kebisingan.Kipas laptop berbunyi adalah salah satu dari sekian banyak trouble yang sering terjadi pada laptop.Biasanya akan berbunyi yang akan sangat mengganggu,yang akan membuat penggunanya merasa risih ataupun khawatir pada laptopnya.Laptop bekerja dengan energi listrik,Jadi panas adalah hal yang tak terhindarkan.Beda dengan PC,laptop tidak memiliki ruang untuk perputaran hawa.Alhasil panas terperangkap di dalam,Kipas laptop dilengkapi sensor suhu.Semakin panas suhu laptop,semakin kencang kipas berputar,makin kencang, ya makin berisik.

Tips-Tips Cara  Mengatasi Kipas Laptop Berbunyi Bising Dan Penyebabnya

Saat laptop mengeluarkan bunyi bising,coba anda pegang bagian bawah atau sisi tempat pertukaran udara.Pasti anda akan merasakan suhu panas yang keluar.Mungkin untuk sebagian orang akan merasa khawatir dengan kondisi laptop yang seperti ini dan ingin mengatasi masalah ini.Dimana fan kipas pada laptop akan mengeluarkan bunyi bising yang berdenging.Biasanya laptop akan mengeluarkan bunyi bising setelah di gunakan dalam waktu yang lama.Bahkan ada beberapa laptop yang mengeluarkan bunyi bising ketika membuka aplikasi tertentu misalnya saat mengkonvert video dan saat memainkan game online.Dibawah ini kita akan memberikan Tips-Tips Mengatasi Kipas Laptop Berbunyi Bising Dan Penyebabnya.

Cara Mengatasi Kipas Laptop Berbunyi Bising


1.Membersihkan Debu
Debu adalah musuh nomor satu komputer sebab dapat Mengganggu aliran listrik.Spesifik buat kipas,debu berlebih mampu mengakibatkan kipas berputar  tidak lancar (alhasil, menimbulkan bunyi-bunyian).Sebab itu,pelan-pelan bongkar laptop anda dan bersihkan debu yang menumpuk.Buat celah-celah yang tidak terjangkau,gunakan kaleng udara berkompresi (canned air).

2. Memakai Laptop Cooler
Jika engkau  memainkan game,mengedit foto/video,atau browsing internet menggunakan 30 tab, maka anda harus memiliki cooler.Laptop cooler mudah didapatkan di mana-mana serta dominan terdiri berasal dua kipas.Laptop didudukkan pada atas cooler supaya hawa panas di dalamnya bisa tertiup.Laptop cooler biasanya dijalankan dengan tenaga listrik lewat colokan USB.Buat menghemat USB port, beberapa tipe cooler dilengkapi dengan USB hub.

3. Menggunakan Speedfan
Speedfan ialah freeware yang mampu mengendalikan kecepatan putaran kipas personal komputer.Menggunakan aplikasi ini,kamu mampu menurunkan kecepatan kipas sebagai akibatnya bunyi bising berkurang.Tapi cara ini sangat tidak disarankan! Karena Jika kecepatan kipas berkurang,tiupannya melemah serta panas akan bertambah.

4. Matikan Program yang Tidak Perlu
Panas berlebih dari laptop ditimbulkan oleh laptop yang bekerja terlalu keras.Buat meringankan beban laptop, matikan data yang tidak diperlukan.Sebaiknya tidak membuka porgram terlalu banyak sekaligus.Matikan juga program pada StartUp folder serta Windows Services. Program StartUp & Services bisa diakses dengan mengetik: msconfig pada kolom Search.Atau anda bisa pakai program Soluto yg otomatias menganalisa proses booting.

5. Gunakan OS Ringan
Meski Windows merupakan OS sejuta umat,OS itu sangat berat. Coba pakai Ubuntu (versi desktop).OS itu ringan sehingga tak membebani laptop.Cara lain adalah memakai Unetbootin buat membangun flashdisk boot berisi OS (misal Google Chromium OS serta Jolicloud).

Penyebab Kipas Laptop Berbunyi Bising


1.Kipas Rusak
Penyebabnya:
 Bisanya saat anda memasangkan kembali setelah dibongkar laptopnya,Terjadi pemasangan kipas yang kurang sesuai akan menjadi pemicu kerusakan pada kipas laptop.Bisa juga terjadi karena usia kipas ataupun komponen laptop yang sudah lama,seperti usia laptop yang sudah tua.
Solusinya:
 Bisa anda membawa laptop anda kekenalan anda yang ahli,mungkin saja hanya terjadi kesalahan kecil yang masih bisa ditangani sendiri.Dan jika masih belum terselesaikan bisa anda bawa ketempat service center terpercaya untuk mengeceknya.Bisa juga anda menganti kipas laptop anda dengan yang baru.

2. Kipas Kotor
Penyebabnya:
 Terjadi kipas kotor sudah biasa terjadi,debu yang masuk kedalam kipas akan menjadi penghambat perputaran kipas dan seketika itu kipas laptop akan menjadi bising sirkulasi kipas pun terganggu,karena gesekan debu yang dihasilkan.
Solusinya:
 Jika anda berani bisa juga anda membongkar sendiri laptop anda ,namun ada resiko yang akan merugikan anda jika terjadi kesalahan yang tidak diinginkan.Yaitu akan kehilangan garansi jika ada,Bisa anda membawanya keservice center.Bisa anda membersihkan kipas laptop dengan kuas sesuai ukuran.

3. Processor
Penyebabnya:
 Processor menjadi salah satu hal yang perlu kita curigai,karena ada saat tertentu suhu processor akan naik.Seperti ketika sedang anda gunakan untuk memainkan game berat.Mengunakan laptop dengan spesifikasi memaksa akan menjadi lebih cepat panas kerena ketidak sanggupan processor melakukan intruksi yang lebih berat.
Solusinya:
 Anda sebaiknya menggunakan aplikasi ataupun sofware seperlunya saja.Perlu anda perhatikan kesanggupan processor dalam melakukan multi tasking,Juga perhatikan kesesuaian spesifikasi hardware dengan software yang akan anda gunakan.

Demikian yang dapat kami informasikan untuk anda tentang Tips-Tips Cara  Mengatasi Kipas Laptop Berbunyi Bising Dan Penyebabnya yang akan membantu anda mengatasinya.Terima kasih anda telah berkunjung disini kami akan selalu memberikan informasi yang terbaik.Dapat anda baca juga di HARGA LAPTOP TERBARU yang akan kami berikan informasi yang akurat karena kami dapat kan dari sumber terpercaya.Sekian semoga sukses selalu.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tips-Tips Cara Mengatasi Kipas Laptop Berbunyi Bising Dan Penyebabnya