Informasi Harga Laptop Terbaru | Harga Laptop Dell | Harga Laptop Acer | Harga Laptop Asus | Harga Laptop Toshiba

Sunday, May 29, 2016

20 Cara Merawat Laptop Agar Tetap Awet Dan Bisa Tahan Lama

Cara Merawat Laptop Agar Tetap Awet - Terkadang banyak orang yang tidak mengerti bagaimana cara merawat laptop dengan baik dan benar.Meskipun harga laptop sekarang bisa dibilang cukup murah,merawat laptop perlu dilakukan supaya komponen juga bagian pada laptop agar permanen awet dan tahan lebih lama.Jarang sekali mereka memperhatikan syarat laptop mereka.Padahal,daya tahan laptop tidak sama dengan PC yang cenderung bertenaga serta tahan lama. Melalui artikel ini kami akan berbagi sedikit pengalaman kami mengenai bagaimana cara merawat laptop yang anda gunakan dengan baik dan benar.

20 Cara Merawat Laptop Agar Tetap Awet Dan Bisa Tahan Lama

Begitu banyak Cara Untuk Merawat Laptop Agar Awet Dan Tahan Lama,tentunya setiap orang ingin laptop yang dimilikinya bisa bertahan lama dan dapat dipakai hingga bertahun-tahun lamanya.Terlebih lagi bila anda seorang pekerja keras yang mengunakan laptop dengan waktu yang cukup lama.Yang jadi utama kerusakan pada laptop tentunya kualitas barang yang anda beli akan tetapi demikian juga dengan pengaruh oleh bagaimana anda merawat laptop kesayangan anda yang setia menemani anda bekerja.Dibawah ini yang harus anda lakukan Cara-Cara Merawat Laptop Agar Tetap Awet:

20 Cara Merawat Laptop Agar Tetap Awet Dan Bisa Tahan Lama 


1. Membersihkan CPU Laptop
Jika anda mengingikan laptop kesayangan anda bisa tetap awet dan tahan lama,maka bersihkanlah PC laptop dengan teratur minimal setengah tahun sekali.Dikarenakan jika CPU laptop tidak dibersihkan,debu dalam CPU bakal menumpuk serta bakal beresiko pada kerusakan ditemperatur atau suhu pada laptop anda.Bisa anda buka casing PC lalu bersihkan debu yang ada dimotherboard peripheral yang lainnya.Dapat juga dibersihkan dengan mengunakan kuas kecil.

2. Jangan Sering Menggunakan Laptop Memain Game Berat
Kebiasaan yang sering dilakukan oleh pecinta game yang dimainkan dengan menggunakan laptop.Jika anda menggunakan laptop untuk memainkan game berat dalam waktu yang cukup lama,akan menyebabkan komponen didalam laptop akan mengalami overheat.Bukan itu saja juga akan menyebabkan batery laptop anda bocor.

3. Jangan Menggunakan Internet Waktu Hujan Lebat
Pada umumnya koneksi internet sangat mempengaruhi pada cuaca,yang dikuatirkan bila anda menggunakannya juga diwaktu hujan lebat,bisa saja menyebabkan jaringan laptop bakal tersambar petir yang akan beresiko pada laptop anda tentunya.Tentunya hal ini yang perlu anda pertimbangkan hal semacam ini yang bisa beresiko pada laptop kesayangan anda.

4. Mengaktifkan Sistem Restore Laptop
Jika anda ingin mengaktifkan laptop harus lakukan dengan benar dan baik,sebab aktifkan sistem restore juga sangat mempengaruhi untuk laptop anda,supaya tetap awet dan tidak gampang rusak.contohnya clik kanan pada icon my desktop laptop,lalu clik properties Tab Sistem Restore kemudian cari tulisan Turn Off Sistem Restore On All Drives,lalu menghilangkan sinyal centang pada samping kiri tulusan itu.

5. Mematikan Laptop Sesuai Dengan Ketentuan
Pada umumnya jika laptop digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama maka sistem laptop akan semakin melemah.Maka dari itu jangan pernah anda mematikan laptop dengan cara yang tidak benar,seperti langsung mencabut kontak listrik pada laptop.Dengan cara yang benar yaitu memakai shutdown,pakai stavolt untuk menghindari mati listrik mendadak.Atau jika anda terlalu lama mengunakan laptop restart lah terlebih dahulu,agar seluruh sistem laptop kembali normal.

6. Bersihkan Optical Drive Pada Laptop Anda
Perlu anda ketahui,Optical Drive/ DVD ROM laptop sangat rentan terhadap debu.Dikarenakan bisa menghambat proses pembacaan data dari CD/ DVD.Bersihkan debu-debu yang melekat di Optical Drive pada laptop anda secara rutin. Berhati-hatilah ketika memasukkan CD/ DVD di Optical Drive karena lensa optik di Optical Drive sangat rentan

7. Uninstal Program Yang Tidak Dipakai Atau Manfaat
umumnya ruangan hardisk yg terlampau banyak tersita bisa memperlambat sistem read/write hardisk sehingga beban kerjanya bakal lebih berat sampai harddisk bakal menyebabkan cepat rusak.Biasanya bakal nampak warning jua space hardisk kita sudah penuh.Sistem operasi windows sudah mensupport bakal hal yang seperti ini.

8. Perhatikan Suhu Pada Laptop Anda
Kebiasaan pemilik laptop yg tidak memperhatikan suhu pada laptop mereka.Padahal suhu yang tinggi merupakan penyebab overheat di laptop.Seperti yang terjadi pada saudara saya,dia seringkali menggunakan laptopnya buat bermain game berat tanpa memperhatikan suhu di laptopnya.Alhasil, selesainya saya cek suhu hardwarenya menggunakan software HWMonitor.Mengejutkan sekali,suhu laptopnya mencapai 89°C! Hampir mendekati suhu air mendidih yaitu 100°C. Padahal laptop tersebut masih berumur kira-kira belum mencapai 1 tahun.

9. Jangan Sembarangan Mengunduh Software Dari Internet
Mengunduh software sembarangan dari internet dapat memperbesar kemungkinan serangan virus masuk pada laptop.Aku menyarankan buat menginstal Antivirus pada laptop kesayangan anda dan lebih berhati-hati saat mengunduh apapun dari internet.

10. Jauhkan Makanan Dari Laptop
Lebih baik berhati-hatilah waktu menaruh makanan atau sedang asyik ngemil didekat laptop.Pastikan sisa makanan tidak berjatuhan di celah-celah keyboard.Hal tersebut dapat menghambat kinerja keyboard pada laptop kesayangan anda.

11. Jauhkan Laptop Dari Sinar Matahari
Jangan anda lupa hindari kontak langsung antara laptop kesayangan anda dengan sinar matahari.Dikarenakan beberapa komponen laptop rentan mengalami kerusakan bila terkena sinar matahari secara langsung.

12.Jauhkan Laptop Dari Jangkauan Anak-Anak
Menjauhkan barang kesayangan anda dari jangkauan anak-anak itu semua lebih baik dari pada menyesal dikemudian hari.Sebab biasanya anak-anak akan memaikan barang yang dia sukai dan membantingkannya.karena anak-anak biasanya suka penasan dengan apa yang baru dan memainkannya.

13. Mengunakan Kabel Ground
Jika anda sedang mengecas laptop,dan terjadi casing laptop waktu disentuh ada aliran listrik,maka ada baiknya ambillah kabel dengan panjang sekedarnya.Ujung satunya dikaitkan dengan casing laptop,sedangkan ujung satunya lagi ditanam kedalam tanah.Hal ini dilakukan agar menetralisir arus listrik yang nyasar sehingga akan menyebabkan komponen elektronik lebih awet.

14. Jangan Menggunakan Laptop Diatas Kasur
Untuk menghindari cepat rusaknya laptop kesayangan anda,upayakan hindari mengunakan laptop diatas kasur.Mungkin dalam hati anda bertanya-tanya "mengapa"?Pastinya anda semakin penasaran,semua ini dikarenakan kasur yang mengunakan bahan lembut serta empuk yang lain berbentuk untuk menyerap panas,sehingga panas yang keluar dari laptop akan diserap oleh kasur,bukannya membuang udara panas.Makanya hal ini yang membahayakan laptop anda.

15. Jangan Menaruh Barang Berat Diatas Laptop
Biasa yang sering kita lakukan menaruk barang sembarangan tanpa berpikir panjang.Kebiasaan ini juga dianggap sepele oleh pemilik laptop,sebenarnya kebiasaan buruk ini akan mendapatkan akibat yang fatal.Agar menghindari menaruh barang berat diatas laptop,dikarenakan dapat menyebabkan terjadi kerusakan pada layar laptop sekaligus komponen pada laptop kesayangan anda.

16. Sewaktu Mengoperasikan Laptop,Upayakan Alas Permukaan Yang Datar
Disaat anda menyalakan laptop,salah satu komponen laptop yang berupa seperti piringan pada harddisk dalam keadaan berputar.Jika laptop dalam situasi posisi miring,piringan itu bisa saja tergores dengan komponen paling dekat dari harddisk.Jadi ini semua akan mendapatkan resiko yang bikin kerusakan keseluruhannya.

17. Menjauhkan Benda-Benda Magnet Dari Laptop
Harus anda hati-hati terlebih jika ada magnet yang sangat kuat,apalagi jika magnet 100% seperti batu magnet.Jika ada benda keras yang mempunyai kemampuan magnet yang sangat kuat akan meyebabkan kerusakan pada laptop yang anda miliki.

18. Menjauhkan Minuman/Cairan Dari Laptop
Untuk mengindari kemungkinan yang bisa saja terjadi sewaktu-waktu,yang tidak anda inginkan.Ada baiknya anda menghindarkan minuman ataupun cairan jika terjatuh bisa mengenai laptop anda,yang mengakibatkan akibat yang sangat fatal tentunya.Kerusakan pada laptop anda dan juga komponen yang terkena basah tersebut.

19. Mengatur tingkat Kecerahan Pada Laptop
pakai kecerahan monitor monitor yg tengah saja (sesuai dengan keperluan),semua ini buat memimalisir pemakaian daya yang terlalu berlebih.Lantaran makin cerah monitor laptop anda,jadi bakal makin banyak power baterai yang bakal terkuras.Setting kecerahan monitor laptop keposisi yang lebih redup (tidak terlalu berlebih),tetapi tentu menggunakan taraf kecerahan yang nyaman saat melihatnya.

20. Jauhi Mengunakan Laptop Sampai Baterai Kosong
Bila terus-terusan mengunakan laptop sampai baterai kosong 0%,tentu hal semacam ini bakal memperpendek usia baterai.Jadi Jika baterai laptop sudah mendekati 20%, jadi secepatnya charger kembali,saat sebelum baterai habis,charge baterai itu sampai penuh 100%.Sangat dianjurkan pemakai laptop lakukan setting saat waktu baterai hampir habis mendekati 0%.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang 20 Cara Merawat Laptop Agar Tetap Awet Dan Bisa Tahan Lama semoga informasi ini bermanfaat bagi anda yang membutuhkan agar laptop kesayangan yang anda miliki akan lebih awet dan tetap terawat.Terima kasih anda telah berkunjung disini kami akan memberikan informasi yang terbaik untuk anda.Informasi ini dapat anda bagikan juga kepada teman-teman dan saudara anda yang memiliki laptop untuk merawatnya lebih baik lagi.Dapat anda baca juga di HARGA LAPTOP TERBARU yang akan membuat anda selalu berkunjung disini.Sekian semoga sukses selalu.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 20 Cara Merawat Laptop Agar Tetap Awet Dan Bisa Tahan Lama